Mengenal Digital Marketing, Pengertian, Jenis & Konsep Pemasarannya [Lengkap]

Pengertian Digital Marketing


Apakah Anda ingin tahu Apa itu Digital Marketing? Apa taktiknya? Mengapa pemsaran secara online itu penting?

Apa itu digital marketing? Dengan kata sederhana, digital marketing adalah adalah metode yang digunakan untuk mempromosikan produk, bisnis, halaman web, dan hal lainnya melalui media digital / platform online.

Digital marketing mengacu pada iklan melalui saluran digital seperti mesin pencari, media sosial, email, dan aplikasi seluler. Ini juga dikenal sebagai pemasaran online atau pemasaran internet. Ini adalah promosi merek, produk, dan layanan online.

Saat Anda menjelajah di Google, Bing, YouTube, dan platform lainnya. Anda juga telah melihat beberapa iklan di sana. Iklan mana yang Anda lihat di sana, itu juga bagian dari Digital marketing.

Berikut adalah banyak taktik yang digunakan untuk mempromosikan produk dan layanan online. Kami akan membahas taktik ini dalam artikel ini:

Mengenal Digital Marketing, Pengertian, Jenis & Konsep Pemasarannya


Jenis  Digital Marketing


1.     Search Engine Optimization / (SEO)
·         On Page SEO
·         Off Page SEO
2.     Pay Per Click (PPC)
3.     Social Media Marketing (SMM)
4.     Email Marketing
5.     Content Marketing
6.     Affiliate Marketing
7.     Search Engine Optimization (SEO)


Ini adalah bagian yang sangat efektif dari Pemasaran Digital. Jika Anda tidak memiliki uang untuk dibelanjakan pada pemasaran atau menjalankan iklan Google atau jika Anda baru saja memulai bisnis Anda, ingin mengembangkan bisnis Anda secara online dan Anda tidak ingin menghabiskan uang. Jadi, Anda bisa menggunakan SEO. Ini adalah cara gratis dan sangat efektif untuk mempromosikan bisnis.

Search Engine Optimization adalah teknik dan strategi untuk meningkatkan lalu lintas ke situs web melalui hasil mesin pencari organik. Dalam hal ini, Anda perlu mengoptimalkan situs web Anda untuk mesin pencari.

SEO dapat diklasifikasikan menjadi dua bagian seperti On Page SEO dan Off Page SEO.


On-Page


SEO On-Page mengacu pada semua teknik yang dapat Anda lakukan pada halaman web Anda untuk membantu peringkat halaman web Anda lebih tinggi pada mesin pencari, seperti judul halaman, deskripsi, tautan internal, meta tag & permalink dll.

Dengan kata lain, On-page SEO adalah teknik mengoptimalkan halaman web untuk peringkat yang lebih tinggi dan mendapatkan lalu lintas di mesin pencari.


Off-page


Off page-halaman mengacu pada kegiatan yang berarti situs web Anda di situs web lain untuk peringkat yang lebih tinggi di mesin pencari. Ini termasuk pengiriman direktori, bookmark, posting tamu dan pengiriman artikel dll.


Pay Per Click (PPC)



PPC adalah model pemasaran internet di mana pengiklan membayar biaya setiap kali iklan diklik oleh pengunjung. Ini adalah metode untuk mempromosikan produk / layanan online. Anda harus menjalankan iklan Kampanye. Maka Anda akan mendapatkan hasil instan.

Jika Anda ingin melakukan PPC, Anda dapat menggunakan Mesin Pencari atau Platform Media Sosial untuk menjalankan iklan.

PPC dapat digunakan untuk semua jenis sasaran kampanye seperti:
1. Meningkatkan Penjualan
2. Meningkatkan Lalu Lintas Situs Web
3. Memasarkan Merk
4. Pertimbangan Produk dan Merek

Jika Anda memiliki uang untuk mempromosikan produk / layanan Anda, maka Anda dapat menggunakan PPC untuk menghasilkan lalu lintas dalam waktu yang lebih singkat. Tetapi Anda harus memiliki pengetahuan tentang menjalankan iklan sebaliknya, mungkin Anda akan kehilangan uang Anda.


Email Marketing



Email Marketing adalah strategi digital marketing  yang sangat efektif untuk mengirim email kepada orang-orang dengan tujuan penjualan produk atau layanan atau memasarkan merek. Hal  Ini membantu Anda untuk terhubung dengan audiens atau pelanggan Anda untuk Meningkatkan penjualan Anda dan mempromosikan merek Anda (memasarkan merek).

Jika Anda ingin menjual produk atau layanan melalui Email Marketing , Anda memerlukan daftar Email target pelanggan / audiens Anda. Ada banyak perusahaan yang menjual daftar email, Tetapi Anda tidak boleh membeli Daftar Email. Karena daftar email yang dibeli tidak efektif dan bisa jadi penipuan.

Jadi, Jika Anda ingin melakukan Pemasaran email Anda harus mengumpulkan daftar email audiens target Anda. Saya tahu ini akan memakan waktu, tetapi akan sangat efektif atau sebagai keajaiban bagi bisnis Anda.

Pemasaran Email akan efektif atau bermanfaat tergantung pada bisnis ke bisnis. Untuk beberapa bisnis, hanya 1% atau 2% dari konversi dan untuk beberapa bisnis, itu adalah 90% atau 100% dari konversi.


Pemasaran Melalui sosial Media



Pemasaran melalui media sosial mengacu pada promosi produk atau layanan melalui platform media sosial. Ini adalah jenis pemasaran internet yang menggunakan situs web jejaring sosial untuk mengiklankan produk dan layanan.

Sebagian besar orang melakukan Pemasaran melalui  Media Sosial untuk tujuan pemasaran merek atau mempromosikan produk tertentu karena Media Sosial adalah Platform terbaik untuk menemukan pelanggan.

Social media marketing  menjadi lebih umum dan efektif dengan meningkatnya popularitas situs web seperti Facebook, Youtube, Linkedin, Twitter

Content Marketing



Conten marketing mengacu pada pendekatan pemasaran yang berfokus pada pembuatan artikel / konten yang berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik audiens.

Dalam Konten marketing, Anda harus menulis artikel yang menarik dan kreatif. Jadi, itu bisa mempertahankan audiens Anda. Ini semua tentang bagaimana Anda bisa tahu tentang produk Anda atau tentang topik apa pun.

Jika Anda ingin melakukan pemasaran konten daripada Anda harus memiliki pengetahuan tentang SEO untuk peringkat konten Anda di mesin pencari. Itulah yang disebut SEO mengoptimalkan konten.

Affiliate Marketing



Pemasaran  secara Afiliasi mengacu pada mendapatkan komisi dengan merekomendasikan produk atau layanan pihak lain kepada audiens.

Ini adalah strategi penjualan online yang memungkinkan pemilik produk meningkatkan penjualan dengan memungkinkan orang lain untuk menjual produknya kepada pelanggan.

Afiliasi mendapatkan komisi untuk menjual produk atau layanan yang dapat berupa pendapatan satu kali atau pendapatan berulang. Komisi dapat diperbaiki atau berdasarkan persentase.

Jadi, Dengan artikel di atas, Semoga bisa membantu anda apa yang dimaksut Digital Marketing dan bagaimana pemasarannya.

1 Komentar untuk "Mengenal Digital Marketing, Pengertian, Jenis & Konsep Pemasarannya [Lengkap]"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel